Berkarir di Dunia Industri Kreatif
Jika kamu suka bekerja di lingkungan yang gemerlap di mana ide-ide berkeliaran dan kamu melihat dirimu sebagai tipe orang yang kreatif, lalu menyukai ritme kerja yang dinamis atau cepat, dan juga haus akan tantangan. Dunia Agency Kreatif adalah tempat yang cocok untuk tempat kamu bekerja
Eitss, selain mempunyai jiwa kreatifitas yang tinggi, kamu juga harus mempunyai skill lainnya loh, untuk bisa berkarier di dunia agency kreatif. Berikut adalah beberapa soft skill yang harus kamu miliki untuk terjun di dunia agency kreatif.
1. Komunikasi
Komunikasi di sini tidak hanya berarti kamu pandai dalam merangkai tagline unik dan persuasif saat mengajak klien untuk berkolaborasi, tapi juga memiliki empati dan pemahaman terhadap kebutuhan target kampanye.
Untuk menciptakan kampanye iklan yang efektif, kamu perlu mengerti apa yang diinginkan klien dan menghadirkan konsep yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain pentingnya komunikasi eksternal dengan klien kamu juga harus menjaga skill komunikasi mu dengan internal kantor mu.
2. Manajemen waktu
Deadline yang terus mengejar adalah salah satu hal yang biasa dalam karier di dunia periklanan. Sering kali, suatu campaign menargetkan momen tertentu untuk diluncurkan, dan para karyawan harus mempersiapkan presentasi, laporan, dan rangka hasil akhir sebelum momen tersebut lewat.
Kemampuan mengalokasikan waktu dan menyusun prioritas diperlukan di pekerjaan mana pun, tapi terutama untuk kaum profesional di industri periklanan, memiliki soft skill ini akan membuat kamu lebih mudah menavigasi proyek-proyek yang kamu tangani.
3. Kolaborasi
Sehebat, sekreatif, secanggih apapun kamu, hampir mustahil jika kamu bisa mengerjakan satu proyek kreatif sendiri dengan jangka waktu yang diberikan klien. Tentu saja kamu akan punya kesempatan untuk bersinar sendiri dengan proyek individu, tapi kamu akan dihadapkan pada banyak kesempatan untuk bekerja sama dengan tim di satu divisi atau divisi lainnya.
4. Problem Solving
Agency dan departemen kreatif internal memposisikan diri mereka sebagai mitra strategis bukan hanya penyedia layanan. Baik kamu berada diposisi seorang direktur kreatif, manajer pemasaran, atau artis produksi, seorang karyawan diharapkan untuk mengambil inisiatif lebih dalam dengan memecahkan masalah yang ada.
Atasanmu akan menghargai karyawan yang dapat mengusulkan solusi yang tepat ketika ada suatu masalah. Seperti menyelesaikannya sendiri secara inisiatif. Tetapi bukan berarti atasan mu ingin membiarkan kamu dalam masalah terus – terusan. Tunjukkan inisiatif dan akal sehat kamu dengan terlebih dahulu mencoba menyelesaikan masalah kreatif atau interpersonal sehari-hari dengan sendiri.
5. Networking
Memiliki jaringan relasi yang luas di dunia kerja baik di lingkungan kantor maupun di luar kantor, dapat membuka banyak kesempatan untuk karir kita.
Seperti memanfaatkan momen saat kamu sedang bertemu klien, dengan berhubungan baik adalah salah satu kunci untuk kamu memperluas jaringan mu, karena bisa saja nanti klien tersebut akan bekerja sama kembali denganmu dan agency.
Yupss, itu adalah 5 soft skill yang kamu bisa pelajari untuk dapat bekerja di dunia industri kreatif, semoga tips dari kami dapat bermanfaat yaaa!! dan untuk kamu yang belum tau Layanan jasa apa aja yg ada di PopOut Digital Agency kamu bisa cek halaman layanan kami.
Artikel ini ditulis oleh:
Nova Damayanti Copywriter at Popout Digital Agency